SMP Negeri 3 Bonang

Dari Desa Membangun Bangsa

Panduan Program Perbaikan dan Pengayaan

Dalam proses pembelajaran, pusat perhatian utama adalah peserta didik. Peserta didik dengan segala potensi dan kebutuhannya diupayakan untuk memperoleh pengalaman belajar baik yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap terpuji.

Pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik itu bervariasi, ada yang cepat dan ada pula yang lambat dalam memahami/mempelajari kompetensi yang diajarkan. Dengan kata lain, terdapat peserta yang cepat menyelesaikan tugas-tugas yang dipelajari dan ada juga yang lambat dan mendapatkan kesulitan ketika harus menyelesaikan kompetensi yang dipelajari.

Bagi peserta didik yang lambat belajar atau mendapat kesulitan belajar perlu mendapat perhatian berupa tindakan perbaikan belajar. Demikian juga bagi yang cepat dalam menyelesaikan tugas dalam belajar perlu penambahan wawasan dan pengetahuan yang sifatnya pengayaan.

A. Pengertian Perbaikan dan Pengayaan

1. Perbaikan

Perbaikan yang dilakukan guru dalam membantu proses belajar yang menekankan pada usaha perbaikan cara-cara belajar, cara mengajar, menyesuaikan materi pembelajaran, penyelesaian hambatan-hambatan yang dihadapi sering disebut sebagai perbaikan pembelajaran. Karena kegiatan perbaikan berkaitan dengan proses pengulangan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran maka disebut juga pengajaran remedial (remedial teaching).

Dengan kata lain pengajaran remedial berarti suatu bentuk khusus pengajaran yang ditujukan untuk menyembuhkan atau memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik. Perbaikan yang dilakukan itu diarahkan kepada pencapaian hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing melalui perbaikan keseluruhan proses belajar mengajar.

2. Pengayaan

    Dari sebagian siswa yang telah berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan perlu diberi kegiatan pengayaan. Mereka itu adalah yang telah menyelesaikan tugas belajar lebih cepat dari waktu belajar yang ditentukan dalam kegiatan belajar mengajar.

    Dari hal tersebut dikatakan bahwa pengayaan adalah upaya bimbingan yang dilakukan guru agar peserta didik dapat lebih mendalami dan memahami kompetensi dasar sehingga hasil belajarnya jauh melampaui target KKM yang ditentukan.

    B. Tujuan Perbaikan dan Pengayaan

    1. Tujuan Perbaikan

      Kegiatan perbaikan yang dilakukan guru adalah agar setiap peserta didik dapat memahami setiap indikator dari masing-masing kompetensi dasar. Secara khusus upaya perbaikan bertujuan untuk:

      a. memahami kondisi nyata peserta didik baik kelebihan maupun kelemahan termasuk jenis dan sifat kesulitan yang dihadapi peserta didik.

      b. Dapat mengubah/memperbaiki cara belajar yang lebih baik sesuai dengan tingkat keslitannya.

      c. Dapat memilih fasilitas belajar dan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hambatan yang menjadi latar belakngnya.

      d. Dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong hasil belajar yang lebih baik dan melaksanakan tugas bellajar dengan baik pula.

        Satu Tanggapan to “Panduan Program Perbaikan dan Pengayaan”

        1. […] Baca Selengkapnya …. […]

        Berikan Balasan

        Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

        WordPress.com Logo

        You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

        Twitter picture

        You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

        Facebook photo

        You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

        Google+ photo

        You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

        Connecting to %s

         
        Ikuti

        Get every new post delivered to your Inbox.

        %d blogger menyukai ini: